Selasa, 16 Maret 2010

SURAT PERMINTAAN PENAWARAN

A. Pengertian

Surat niaga yang digunakan untuk komunikasi antara calon pembeli dan penjual untuk mendapatkan informasi tentang macam/ jenis dan spesifikasinya, harga barang/ jasa, serta kebijaksanaan penjualan seperti cara pembayaran, pemberian layanan penjualan, layanan purna jual, cara pengiriman, cara penyerahan.

B. Materi Informasi

  1. Pemberian informasi barang/ jasa, beserta spefikasinya seperti : model, ukuran, warna, berat , bahan dasar ( biasa dilengkapi brosur yang menyertai surat
  2. Pemberian informasi harga, yang berupa daftar harga secara terperinci dalam bentuk tabel terpisah dari surat ( sebagai lampiran )
  3. Ketentuan yang menyangkut kebijaksanaan yang mengatur cara pembayaran, pemberian discount, dan layan penjualan termasuk layanan purna jual.

C. Proses pembuatan

Surat permintaan penawaran dapat dibuat atas dasar dari dua kemungkinan yaitu :

  1. Berdasarkan inisiatif pembeli tanpa merespon iklan / perkenalan, hal ini berdasarkan kebutuhan informasi untuk mendapatkan barang / jasa dengan segala aspek terkait dengan pengadaan barang / jasa secara cepat sebelum melakukan pemesanan.
  2. Berdasarkan informasi berupa iklan / surat perkenalan yang diterima, dengan untuk mengetahui secara detail yang diperlukan untuk proses pemesanan terkait dengan pengadaan barang / jasa yang akan diadakan dalam rangka memenuhi kebutuhan yang diperlukan.
D. Cara pembuatan Surat permintaan penawaran.

Langkah - langkah yang harus ditempuh :

  1. Pahami dasar kebutuhan pembuatan surat permintaan penawaran, dengan memperhatikan nama barang / jasa yang diminta.
  2. Alamat penjual / perusahaan yang hendak dituju.
  3. Hal - hal lain selain jenis barang / jasa seperti informasi kebijaksanaan penjualan yang diperlukan.
  4. Membuat konsep surat setelah memhami langkah i - 3.
  5. Menyempurnakan konsep surat ( melakuka koreksi konsep surat ).
  6. Membuat surat sesuai dengan konsep surat yang dikoreksi.
Komposisi surat sama dengan surat perkenalan usaha, namun untuk hal pada surat ini sesuai dengan tujuan surat yaitu permintaan Penawaran, untuk isi surat disesuaikan dengan materi permintaan penawaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar